Terapi Psikologi Melalui Telepon (Jarak Jauh)

A.     Mengapa Memilih Terapi Jarak Jauh?

Terapi psikologis jarak jauh merupakan layanan yang baru yang diluncurkan pada bulan November 2009. Sebelumnya, semua klien yang ingin terapi harus bertemu langsung dengan Hypnotherapist lain di Jepara. Karena banyaknya permintaan masyarakat yang membutuhkan terapi psikologi, tetapi berhalangan untuk datang, maka kemudian mereka memikirkan solusi supaya konsultasi dan terapi psikologi bisa dilakukan jarak jauh melalui telepon. Dan akhirnya sekarang, mereka  sudah menemukan metode yang tepat digunakan untuk terapi jarak jauh dengan hasil yang (relatif) sama efektifnya dengan terapi langsung.

Berikut ini adalah alasan umum mengapa Anda memilih terapi jarak jauh:

  • Anda tidak perlu datang ke tempat kami. Menghemat transportasi dan akomodasi.
  • Bisa kapan saja dan dimana saja. Cocok untuk Anda yang sibuk.
  • Kerahasiaan lebih terjamin. Wajah Anda tidak terlihat, identitas bisa disamarkan.
  • Terapi jarak jauh cocok untuk Anda yang tidak bisa datang karena halangan mental, misalnya fobia sosial (takut berpergian ke tempat umum), takut perjalanan jauh, takut naik pesawat terbang dan lain sebagainya.
  • Beberapa orang mungkin lebih leluasa mengungkapkan masalahnya melalui telepon.

B.      Masalah Yang Bisa Ditangani

Karena hambatan komunikasi dan batasan fisik, terapi jarak jauh tidak bisa menangani semua masalah yang bisa ditangani dengan terapi tatap muka. Berikut ini adalah masalah-masalah yang sudah dicoba dengan terapi jarak jauh dan sukses:

  • Minder, kurang percaya diri.
  • Fobia atau rasa takut yang berlebihan dan tidak wajar.
  • Stress, terlalu banyak beban pikiran.
  • Trauma, selalu terbayang pengalaman buruk.
  • Merasa cemas atau ketakutan tanpa alasan.
  • Melupakan masa lalu / pengalaman buruk.
  • Menghilangkan pikiran negatif.
  • Berhenti merokok selamanya.
  • Kecanduan belanja, perjudian, seks, alkohol, coklat, dsb.
  • Menghilangkan berbagai kebiasaan buruk.
  • Menghilangkan latah (bicara ngawur ketika kaget).
  • Panic Attack, Tiba-tiba merasa ketakutan, cemas dan panik tanpa sebab.
  • Perilaku obsessive compulsive.

Syarat Klien Terapi Psikologi Jarak Jauh:

  • Klien harus punya keinginan dari diri sendiri untuk sembuh/berubah. Jika Anda punya teman/keluarga yang bermasalah tetapi dia menolak untuk mengikuti terapi, maka kami tidak berhak membantunya.
  • Klien bisa diajak komunikasi dengan lancar. Hipnoterapi tidak bisa diterapkan kepada anak kecil yang belum bisa berbicara lancar atau orang dengan gangguan mental parah sehingga tidak nyambung kalau diajak bicara.
  • Jika klien adalah anak-anak yang sulit diajak komunikasi oleh orang baru, maka sebaiknya Anda (sebagai orang tua) yang belajar HypnoParenting (Aplikasi hipnosis untuk mendidik dan mengatasi masalah anak). HypnoParenting bisa dipelajari siapa saja dengan mudah, bisa secara langsung atau jarak jauh (melalui buku panduan dan video). Setelah belajar HypnoParenting selama kurang lebih 2 jam, Anda dipastikan langsung bisa praktek ke anak Anda.

C.      Metode Yang Digunakan Untuk Terapi

Metode terapi psikologis (psikoterapi) ada banyak macamnya. Hypnotherapist ini tergabung di pusat terapi Indonesian Hypnosis Association adalah therapist yang selalu tertarik untuk mempelajari segala metode psikoterapi yang praktis, cepat dan efektif. Dalam terapi jarak jauh ini, kami tidak menggunakan hipnoterapi konvensional. Pada praktek hipnoterapi konvensional, klien akan dibimbing masuk ke kondisi hipnotis yang dalam (deep trance) dan kemudian klien diberi sugesti-sugesti positif dengan harapan Pikiran Bawah Sadar klien akan menuruti sugesti sang hypnotherapist. Pengalaman kami, hipnoterapi konvensional membutuhkan waktu lama dan kadang hasilnya tidak permanen karena terapi-nya hanya berupa sugesti atau saran yang diberikan secara searah. Klien diam mendengarkan dan hypnotherapist bicara memberi sugesti.

Metode terapi yang digunakan untuk terapi jarak jauh adalah salah satu atau gabungan dari metode-metode praktis di bawah ini. Metode terapi yang digunakan lebih interaktif seperti mengobrol biasa, namun sangat efektif dan hasilnya permanen.

  • Conversational Hypnosis yaitu hipnoterapi yang dilakukan seperti mengobrol biasa saja. Metode ini disebut juga Ericksonian Hypnosis karena pertama kali diperkenalkan dan dikembangkan oleh Milton H. Erickson, seorang psikiater yang sangat ahli dalam hipnoterapi. Pada jaman Erickson, hipnoterapi tetap harus dilakukan secara tatap muka, namun dengan penyesuaian yang kami lakukan, hipnoterapi dengan metode Conversational Hypnosis bisa dilakukan jarak jauh melalui telepon.
  • Neuro-Linguistic Programming (NLP). Jika diartikan, NLP adalah suatu metode untuk memprogram otak dengan bahasa. NLP digagas dan dikreasikan oleh sepasang jenius : Dr. Richard Bandler dan Dr. John Grinder, pada tahun 1970-an di Santa Cruz California, saat ini sudah berkembang sangat pesat di seluruh dunia. Dipopulerkan oleh Anthony Robbins dan puluhan co-developer yang lain di seluruh dunia. Kebanyakan praktisi NLP melakukan terapinya secara tatap muka, sedangkan kami mengembangkan praktek NLP jarak jauh melalui telepon dan media online.
  • Emotional Freedom Technique (EFT). Metode terapi “unik” yang awalnya diciptakan oleh Dr. Roger Callahan dan dikembangkan oleh Garry Craig. Prinsip dasar EFT mirip dengan acupressure dan acupuncture. Bedanya dalam EFT kita hanya menggunakan ketukan ringan dengan jari (bukan pijatan atau tusukan). Metode EFT sangat praktis dan cocok untuk mengatasi masalah-masalah perasaan dan perilaku.
Published in: Uncategorized on 12 March 2012 at 12:15 pm  Comments (1)  

The URI to TrackBack this entry is: https://juniditha.wordpress.com/2012/03/12/terapi-psikologi-melalui-telepon-jarak-jauh/trackback/

RSS feed for comments on this post.

One CommentLeave a comment

  1. saya sangat tertarik dengan ulasan anda,,,sangat senang bila anda mau berbagi saya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: